Wajib Tahu! Ternyata ini Komponen-Komponen Penyusun Ban

 Seperti yang diilustrasikan di bawah ini, ban terdiri dari beberapa komponen yang berbeda :


Bead adalah lingkaran kabel baja kekuatan tinggi yang dilapisi dengan karet. Ini memberi ban kekuatan yang dibutuhkan untuk tetap berada di pelek roda dan untuk menangani tekanan yang ditimbulkan oleh mesin pemasangan ban pada saat ban dipasang pada pelek.

 

Badan Lapisan (Body Plies) Ban terdiri dari beberapa lapisan kain yang berbeda, yang disebut plies (lapisan-lapisan). Kain lapis yang paling umum adalah lapisan poliester. Lapisan pada ban radial tegak lurus terhadap tapak. Beberapa ban yang lebih tua menggunakan ban bias diagonal, di mana kain berjalan miring ke arah tapak. Lapisan dilapisi dengan karet untuk membantu mereka mengikat dengan komponen lain dan untuk kedap udara.

 

Kekuatan ban sering digambarkan oleh jumlah lapisan yang dimilikinya. Sebagian besar ban mobil memiliki dua badan lapisan. Sebagai perbandingan, pesawat jet komersial besar sering memiliki ban dengan 30 badan lapisan atau lebih.

 

Pada ban radial baja (kawat), sabuk(belts) yang terbuat dari baja digunakan untuk memperkuat area di bawah tapak. Sabuk ini memberikan ketahanan terhadap tusukan dan membantu ban tetap rata sehingga memiliki sentuhan/gesekan terbaik dengan jalan.

 

Beberapa ban memiliki lapisan penutup (Cap Plies), satu atau dua lapisan tambahan dari kain poliester untuk membantu komponen ban tetap pada tempatnya. Lapisan tutup ini tidak ditemukan di semua ban; sebagian besar digunakan pada ban untuk kecepatan sangat tinggi agar membantu semua komponen tetap pada tempatnya saat berjalan.

 

Dinding samping (Side-Wall) memberikan stabilitas di sisi ban, melindungi Badan Lapisan (Body Plies) dan membantu menjaga udara agar tidak keluar. Ini mungkin mengandung komponen tambahan untuk membantu meningkatkan stabilitas pada sisi ban.

 

Tapak (Tread) dibuat dari campuran berbagai jenis karet alam dan sintetis. Tapak dan dinding samping diekstrusi dan dipotong memanjang. Pada tulisan ini yang dimaksud Tapak hanya karet halus; tidak termasuk pola tapak yang memberikan traksi ban.

 

Semua komponen ini dirakit di mesin pembuat ban. Mesin ini memastikan bahwa semua komponen berada di tempat yang benar dan kemudian membentuk ban menjadi bentuk dan ukuran yang cukup dekat dengan dimensi yang diinginkan.

 

Pada tahap awal produksi, ban memiliki semua bagiannya, tetapi belum disatukan dengan erat, dan tidak memiliki tanda atau pola tapak. Ini disebut ban hijau (Green Tire). Langkah selanjutnya adalah menjalankan ban ke dalam mesin curing, yang berfungsi seperti besi wafel, mencetak semua tanda dan pola tapak. Komponen-Komponen ini diberikan panas untuk mengikat semua komponen ban. Proses ini disebut vulkanisasi. Setelah beberapa proses penyelesaian dan pemeriksaan, ban pun selesai dibuat.

 

 


Sumber : autohowstuffworks

 

Komentar